Sabtu, 17 Januari 2015

Contoh Kode Program C untuk Tampilan (Output)


Berikut ini adalah contoh program bahasa C untuk menampilkan atau output suatu karakter maupun bilangan. Perlu diketahui bahwa fungsi output memiliki beberapa fungsi; putchar, puts dan printf. Putchar() dalam pemrograman bahasa C terbatas hanya untuk karakter, yang artinya hanya bisa menampilkan satu karakter atau huruf dan tidak bisa untuk menampilkan angka atau bilangan. Puts() dalam pemrograman bahasa C terbatas hanya bisa menampilkan string dan tidak bisa menampilkan angka. Sedangkan printf() adalah fungsi output terformat, maksudnya dapat menampilkan karakter, string maupun angka dengan format tertentu atau tanpa format. Agar lebih
jelasnya coba jalankan code program di bawah ini:
1.      Code program output dengan putchar() dan puts()

#include <stdio.h>
int main()
{ 
   char x, c[21]="aku ingin jadi pilot";
    x='E';
    putchar(x);
    putchar(x);
    puts(c);
    puts(c);
}

Saat program dijalankan:


Nilai “c[21]” itu merupakan jumlah karakter string, spasi juga dihitung sebagai karakter. Dan variabel string ( c ) ini hanya bisa di gunakan pada puts sedangkan jika variabel c digunakan pada putchar maka akan terjadi error. Jika string berisi 50 karakter, maka angka 21 dalam kurung itu harus diganti dengan 50 atau lebih jika tidak maka akan terjadi error. Putchar dan puts adalah fungsi output tadak berformat sehingga kita tidak dapat mengatur spasi antara nilai variabel x dengan c. Lihatlah gambar program diatas karakter atau huruf “E” langsung berdempet dengan string “aku” sehingga menjadi “EEaku”.
2.      Berikut ini contoh program C dengan fungsi printf() untuk output

#include <stdio.h>
int main()
{
    char x, c[21]="aku ingin jadi pilot";
    x='E';
    printf("%c", x);
    printf("%s", c);
}

Program akan menampilkan:



Kita bisa memberi spasi antara karakter “E” dengan string “aku”, caranya tinggal kitaberikan spasi dalam code program.
Pada code program awalnya “printf("%c", x);” lalu kita beri spasi satu atau dua kali, seperti ini “printf("%c  ", x);” maka lihatlah hasil outputnya akan berubah seperti gambar dibawah ini:



Untuk baris bari tinggal berikan saja pada kode “printf("%c ", x);” “\n”, sehingga jadilah seperti ini “printf("%c  \n", x);”. Dan lihatlah seperti apa outputnya:



Untuk menampilkan kumpulan karakter atau kata kata atau angka dalam program C ini juga bisa dituliskan dalam fungsi printf(), contonya seperti ini, pada program yang tadi  misalkan yang ini” printf("%c \n", x);”, tinggalkita ketik saja kalimat atau angka yang diinginkan “printf("Isi dari variabel x adalah: %c \n", x);”,” printf("saat kau baca ini: %s, maka kau sudah berada di atas tahun 2014", c);”. Program utuhnya seperti ini:

#include <stdio.h>
int main()
{
char x, c[21]="aku ingin jadi pilot";
x='E';
printf("Isi dari variabel x adalah: %c \n", x);
printf("saat kau baca ini:\" %s \", maka kau sudah berada di atas tahun 2014", c);
}

Ini gambar programnya saat dijalankan:




Mungkin itu saja untuk postingan Contoh Kode Program C untuk Tampilan (Output), semoga bermanfaat begi saya dan teman teman semua.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar